Kami adalah penyedia jasa penerbitan dan percetakan yang telah beroperasi sejak tahun 2016, dan bergabung menjadi anggota IKAPI dengan nomor 258/JTE/2023. Jika Anda memiliki naskah yang masih nganggur, daftar dan terbitkan bukumu sekarang !!!LIHAT PAKET TERBIT- Menulis Untuk Kemanfaatan -

container no-pad-m no-pad-v-m widgetNoTitle noCapSlider

6/slider/Featured/16-9/1140

Iklan Tersedia ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - A1
25k / bulan
60k / 3 bulan

Iklan Tersedia ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - A2
25k / bulan
60k / 3 bulan

Perbedaan ISBN, ISSN, QRSBN, QRCBN, dan HAKI



Perbedaan ISBN, ISSN, QRSBN, QRCBN, dan HAKI

ISBN

ISBN (International Standard Book Number) adalah deretan angka 13 digit sebagai pemberi identifikasi unik secara internasional terhadap satu buku maupun produk seperti buku yang diterbitkan oleh penerbit. Setiap nomor memberikan identifikasi unik untuk setiap terbitan buku dari setiap penerbit, sehingga keunikan tersebut memungkinkan pemasaran produk yang lebih efisien bagi toko buku, perpustakaan, universitas maupun distributor.

ISBN diberikan oleh Badan Internasional ISBN yang berkedudukan di London. Perpustakaan Nasional RI merupakan Badan Nasional ISBN yang berhak memberikan ISBN kepada penerbit yang berada di wilayah Indonesia dan KDT (Katalog Dalam Terbitan).

Fungsi dan Manfaat ISBN Pada Buku. Fitur dan keunggulan ISBN yang pertama adalah Anda dapat memberikan identitas pada sebuah judul buku. Seperti diketahui, ISBN sendiri berperan sebagai sistem identifikasi buku.


QRCBN

Apa itu QRCBN? 

QRCBN / QR Code Book Number adalah suatu teknologi pengidentifikasi buku yang berbentuk QR Code. Zaman sekarang emang sudah zamannya scan QR code seperti ini. QRCBN dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Indonesia (BSNI) untuk memfasilitasi pengembangan e-book di Indonesia.

Jika kita scan, maka QR Code tersebut bisa menampilkan detail informasi buku. Mulai dari detail judul, nama penulis, nama editor, nama lay outer, nama desainer cover, detail penerbit dan nomor seri buku. 

Apa saja kelebihan QR Code Book Number? 

👉 Layanan Gratis

👉 Penulis / penerbit tidak harus menyerahkan karya cetak

👉 Berisi informasi mendetail tentang buku 

👉 Penggunaannya mudah, cepat, praktis dan bisa digunakan kapan saja dan dimana saja. 

👉 Sifatnya Internasional

Selain itu pengajuan QRCBN cenderung lebih cepat. Hanya dalam hitungan menit kode QR sudah keluar dan bisa digunakan. Jadi, buku bisa segera naik cetak.



ISSN

Direktorat Repositori Multimedia dan Penerbitan Ilmiah (RMPI) BRIN sebagai Pusat Nasional ISSN Indonesia memiliki tugas dan wewenang untuk melakukan pemantauan atas seluruh publikasi terbitan berkala yang diterbitkan di Indonesia. Sebagai bagian dari tanggung jawab tersebut, Pusat Nasional ISSN Indonesia menerbitkan ISSN (International Standard of Serial Number) yang merupakan tanda pengenal unik setiap terbitan berkala yang berlaku global.

ISSN diberikan oleh ISDS (International Serial Data System) yang berkedudukan di Paris, Perancis. ISSN diadopsi sebagai implementasi ISO-3297 di tahun 1975 oleh Subkomite no. 9 dari Komite Teknik no. 46 dari ISO (TC 46/SC 9). ISDS mendelegasikan pemberian ISSN baik secara regional maupun nasional. Untuk regional Asia dipusatkan di Thai National Library, Bangkok, Thailand. Dan Pusat Nasional ISSN Indonesia - BRIN merupakan satu-satunya ISSN National Centre untuk Indonesia.


QRSBN

QRSBN (QR Code Standard Book Number) adalah Aplikasi pengidentikasi Buku dengan teknologi terbaru dengan QR Code sebagai pemberi identifikasi unik secara internasional terhadap satu buku maupun produk seperti buku yang diterbitkan oleh penerbit. Setiap nomor memberikan identifikasi unik untuk setiap terbitan buku dari setiap penerbit, sehingga keunikan tersebut memungkinkan pemasaran produk yang lebih efisien bagi toko buku, perpustakaan, universitas maupun distributor. QRSBN dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)


HAKI

Kekayaan intelektual, lebih lengkapnya adalah hak atas kekayaan intelektual adalah jenis kekayaan yang memuat kreasi tak mewujud dari intelektualitas. HAKI memiliki banyak jenis, dan banyak negara mengakui keberadaannya. Contoh yang paling dikenal adalah hak cipta, paten, merek dagang, dan rahasia dagang. 

Fungsi dan tujuan utama dari diciptakan nya HAKI, antara lain : Sebagai perlindungan hukum terhadap pencipta yang dipunyai perorangan ataupun kelompok atas jerih payahnya dalam pembuatan hasil cipta karya dengan nilai ekonomis yang terkandung di dalamnya.


By: Penerbit Alqalam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Tersedia ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B1
10k / bulan
25k / 3 bulan

Iklan Tersedia ads right available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads right available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B2
10k / bulan
25k / 3 bulan